Country Market Entry Analysis
KELOMPOK
Bersama kelompok anda dan negara yang telah di berikan kepada kelompok anda. Kelompok anda diminta untuk menganalisa bagaimana kelaikan sebuah negara didalam menjadi sasaran bagi pemasaran produk anda yang berasal dari Indonesia.
- Kelompok anda bisa memulai analisis dengan menggunakan pendekatan produk / pendekatan analisis negara
- Tentukan Marketing Mix bagi produk anda untuk negara tujuan
- Selain itu juga didalam menentukan Marketing Mix anda diminta menghubungkan stretegi Marketing Mix yang anda susun dengan melihat kondisi sebuah negara dengan parameter antara lain
- Kondisi Geography --> menentukan moda transportasi ekspor / import yang dilakukan dan kemudahan modalitas barang dan jasa antar negara
- Bahasa pengantar resmi negara tersebut --> penggunaan bahasa global misal inggris sebagai bahasa kedua, akan mempermudah akses marketing mix
- Aspek agama
- Pengaruh pemerintahan dan populasi terhadap agama, akan berpengaruh kepada proses marketing mix
- Kondisi Mata uang
- Perbandingan nilai mata uang dengan mata uang global misa US$
- Perbandingan mata uang dengan Rp (misal 1 Big Mac di Indonesia = 1 Big Mac di Negara lain = senilai dengan mata uang US$)
- Perbandingan nilai 1 juta rupiah, indentifikasi nilai tersebut dapat digunakan untuk konsumsi barang dan jasa lainnya di negara tujuan
- Populasi
- Identifikasi populasi berdasarkan umur dan atau gender dan atau pendapatan (misalnya populasi berdasarkan pendapatan akan memunculkan kondisi kehidupan di negara tujuan ) akan memunculkan informasi profil konsumen yang ada di negara tujuan.
- Persentasi penduduk yang berada dibawah garis kemiskinan
- Pendidikan
- Tingkat pendidikan pada suatu negara akan mencerminkan kemudahan penyerapan informasi di marketing mix
- Selanjutnya Kelompok anda menyimpulkan bagaimana produk anda dan marketing mix yang anda susun dapat memasuki pasar yang dituju, apakah menggunakan salah satu mekanisme
dibawah ini
- Eksport / Import
- Licensing
- Direct Investment / Green Investment
- Joint Ventures
- Strategic Alliances
- Identifikasi apakah terdapat hal hal lain yang dapat mempengaruhi keputusan didalam memasuki pasar negara tujuan
- Tugas Dikumpulkan pada 18/09/2014 berupa bahan power point.